Senin, 21 Januari 2013

KEJADIAN ISTIMEWA USAI KELAHIRAN NABI MUHAMMAD


KEJADIAN ISTIMEWA USAI KELAHIRAN NABI  MUHAMMAD
SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WA AALIHII WASALLAM


Al Hafizh Al Baihaqi meriwayatkan dalam kitab Dalaa`ilunnubuwwah juz I halaman 40:

وَأَخْبَرَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ ، قَالَ : أَنْبَأَنِيْ أَحْمَدُ بْنُ كَامِلٍ اَلْقَاضِيْ شِفَاهًا ، أَنَّ مُحَمَّدَ بْنَ إِسْمَاعِيْلَ السُّلَمِيَّ حَدَّثَهُمْ ، قَالَ : حَدَّثَنَا أَبُوْ صَالِحٍ عَبْدُ اللهِ بْنُ صَالِحٍ ، قَالَ : حَدَّثَنِيْ مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ ، عَنْ أَبِي الْحَكَمِ التَّنُوْخِيِّ ، قَالَ :

Telah menceritakan kami, Abu Abdillah Al Hafizh, beliau berkata: Telah memberitakan saya, Ahmad bin Kamil Al Qadhi dengan musyafahah, sesungguhnya Muhammad bin Isma’il As Sulami telah menceritakan mereka, beliau berkata: Telah menceritakan kami, Abu Shalih Abdullah bin Shalih, beliau berkata: Telah menceritakan saya, Mu’awiyah bin Shalih, dari Abul Hakam At Tanukhi, beliau berkata:

كَانَ الْمَوْلُوْدُ إِذَا وُلِدَ مِنْ قُرَيْشٍ دَفَعُوْهُ إِلَى نِسْوَةٍ مِنْ قُرَيْشٍ إِلَى الصُّبْحِ ، فَيَكْفَأْنَ عَلَيْهِ بُرْمَةً

Jika ada anak yang dilahirkan dari suku Quraisy, maka mereka menyerahkan anak tersebut kepada para wanita dari suku Quraisy sampai waktu shubuh. Dan mereka membalikkan sebuah periuk diatasnya

فَلَمَّا وُلِدَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَفَعَهُ عَبْدُ الْمُطَّلِبِ إِلَى نِسْوَةٍ يَكْفَأْنَ عَلَيْهِ بُرْمَةً ، فَلَمَّا أَصْبَحْنَ أَتَيْنَ ، فَوَجَدْنَ الْبُرْمَةَ قَدْ اِنْفَلَقَتْ عَلَيْهِ بِاثْنَتَيْنِ ، فَوَجَدْنَهُ مَفْتُوْحَ الْعَيْنَيْنِ ، شَاخِصًا بِبَصَرِهِ إِلَى السَّمَاءِ

Dan  ketika Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dilahirkan, maka Abdul Muththalib menyerahkannya kepada para wanita tersebut, dan mereka membalikkan sebuah periuk diatasnya sampai shubuh.

فَأَتَاهُنَّ عَبْدُ الْمُطَّلِبِ ، فَقُلْنَ لَهُ : مَا رَأَيْنَا مَوْلُوْدًا مِثْلَهُ ، وَجَدْنَاهُ قَدْ اِنْفَلَقَتْ عَنْهُ الْبُرْمَةُ ، وَوَجَدْنَاهُ مَفْتُوْحَ الْعَيْنَيْنِ ، شَاخِصًا بِبَصَرِهِ إِلَى السَّمَاءِ. فَقَالَ : اِحْفَظْنَهُ ، فَإِنِّيْ أَرْجُوْ أَنَّ يُصِيْبَ خَيْرًا .

Abdul Muththalib mendatangi mereka, merekapun berkata: “Kami belum pernah melihat anak dilahirkan seperti dia. Dia kami dapati periuk terbelah menjadi dua diatasnya, dan kami dapati pula kedua matanya terbuka seraya memandang kearah langit. Maka Abdul Muththalib berkata: “Jagalah dia!. Aku berharap dia memperoleh kebaikan”.

فَلَمَّا كَانَ الْيَوْمُ السَّابِعُ ذَبَحَ عَنْهُ ، وَدَعَا لَهُ قُرَيْشًا ، فَلَمَّا أَكَلُوْا قَالُوْا : يَا عَبْدَ الْمُطَّلِبِ ، أَرَأَيْتَ ابْنَكَ هَذَا الَّذِيْ أَكْرَمْتَنَا عَلَى وَجْهِهِ ، مَا سَمَّيْتَهُ ؟ قَالَ : سَمَّيْتُهُ مُحَمَّدًا . قَالُوْا : فَلِمَ رَغِبْتَ بِهِ عَنْ أَسْمَاءِ أَهْلِ بَيْتِهِ ؟ قَالَ : أَرَدْتُ أَنْ يَحْمَدَهُ اللهُ تَعَالَى فِي السَّمَاء ، وَخَلْقُهُ فِي الْأَرْضِ

Dan ketika tiba hari ketujuh, Abdul Muththalib menyembelih untuk Rasulullah. Dia mengundang kaum Quraisy untuknya.
Ketika selesai makan-makan, mereka bertanya: “Wahai Abdul Muththalib, bagaimana pendapatmu tentang anak laki-laki ini yang mana engkau memuliakan kami atas dirinya. Kamu beri nama siapa ?
Abdul Muththalib menjawab: “ Aku menamainya Muhammad. Mereka berkata: Kenapa dengan dia engkau berpaling dari nama-nama keluarganya ? Abdul Muththalib menjawab: “Aku mengharapkan Allah Ta’ala memujinya di langit. Dan makhluq_Nya di bumi”.

Sumber:
 (Dalaa`ilunnubuwwah)

Dan:
(Al Bidayah Wannihayah,2/325)

Wallaahu A’lam
Bersambung, Insya Allah

KEJADIAN ISTIMEWA SAAT NABI MUHAMMAD DILAHIRKAN (2)





 KEJADIAN ISTIMEWA SAAT NABI MUHAMMAD DILAHIRKAN
(2)

Al Hafizh Al Baihaqi meriwayatkan dalam kitab Dalaa`ilunnubuwwah juz I halaman 41:

أَخْبَرَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ اَلْحَافِظُ ، قَالَ : حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَاتِمٍ اَلدَّارَبَرْدِيُّ ، بِمَرْوَ ، قَالَ : حَدَّثَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ اَلْبُوْشَنْجِيُّ ، قَالَ : حَدَّثَنَا أَبُوْ أَيُّوْبَ سُلَيْمَانُ بْنُ سَلَمَةَ اَلْخَبَائِرِيُّ ، قَالَ : حَدَّثَنَا يُوْنُسُ بْنُ عَطَاءٍ ، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ رَبِيْعَةَ بْنِ زِيَادِ بْنِ الْحَارِثِ اَلصُّدَائِيُّ ، بِمِصْرَ ، حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ أَبَانَ ، عَنْ عِكْرِمَةَ ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ، عَنْ أَبِيْهِ الْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ ، قَالَ : « وُلِدَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، مَخْتُوْنًا  مَسْرُوْرًا . قَالَ : فَأُعْجِبَ بِهِ جَدُّهُ عَبْدُ الْمُطَّلِبِ وَحَظِيَ عِنْدَهُ ، وَقَالَ : لَيَكُوْنَنَّ لِابْنِيْ هَذَا شَأْنٌ . فكَانَ لَهُ شَأْنٌ »

Telah mengkhabarkan kami, Abu Abdillah Al Hafzih, beliau berkata: Telah menceritakan kami, Abu Bakar Muhammad bin Ahmad bin  Hatim Addarabardi di Marwa, beliau berkata: Telah menceritakan kami Abu Abdillah Al Busyanji, beliau berkata: Telah menceritakan kami, Abu Ayyub Sulaiman bin Salamah Al Khaba`iri, beliau berkata: Telah menceritakan kami, Yunus bin Atha` dari Utsman bin Rabi’ah bin Ziyad bin Al Harits Ashshuda`I di Mesir, telah menceritakan kami, Al Hakam bin Aban dari Ikkrimah, dari Ibnu Abbas, dari bapaknya; Al Abbas bin Abdul Muththalib, beliau berkata:
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dalam keadaan sudah dikhitan dan terputus tali pusat (nya)”.

Shahabat Abbas berkata:
Maka kakek Rasulullah, yaitu Abdul Muththalib heran dengan Rasulullah (atas kejadian tersebut),  dan Rasulullah mendapat kedudukan disinya.
Abdul Muththalib pun berkata: “Sungguh anakku ini akan mempunyai kedudukan, dan (ternyata benar juga) dia mempunyai kedudukan”.


Wallaahu A’lam
Bersambung, Insya Allah

KEJADIAN ISTIMEWA SAAT NABI MUHAMMAD DILAHIRKAN (1)






KEJADIAN ISTIMEWA SAAT NABI MUHAMMAD DILAHIRKAN
(1)
  


Al Hafizh Al Baihaqi meriwayatkan dalam kitab Dalaa`ilunnubuwwah juz I halaman 38:

وَأَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ ، قَالَ : حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ ، قَالَ : حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ ، قَالَ : حَدَّثَنَا أَبُوْ بِشْرٍ مُبَشِّرُ بْنُ الْحَسَنِ ، قَال : حَدَّثَنَا يَعْقُوْبُ بْنُ مُحَمَّدٍ اَلزُّهْرِيُّ ، قَالَ : حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ عِمْرَانَ ، قَالَ : حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ عُثْمَانَ بْنِ أَبِيْ سُلَيْمَانَ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ ، عَنْ أَبِيْهِ ، عَنْ ابْنِ أَبِيْ سُوَيْدٍ اَلثَّقَفِيِّ ، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ أَبِي الْعَاصِ ، قَالَ : حَدَّثَتْنِيْ أُمِّيْ ، أَنَّهَا شَهِدَتْ وِلَادَةَ آمِنَةَ بِنْتِ وَهْبٍ رَسُولَ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  ، لَيْلَةَ وَلَدَتْهُ . قَالَتْ فَمَا شَيْءٌ أَنْظُرُ إِلَيْهِ فِي الْبَيْتِ إِلَّا نُوْرٌ ، وَإِنِّيْ لَأَنْظُرُ إِلَى النُّجُوْمِ تَدْنُوْ حَتَّى إِنِّيْ لَأَقُوْلُ : 
لَيَقَعْنَ عَلَيَّ


Telah mengkhabarkan kami, Muhammad bin Abdullah Al Hafizh, beliau berkata: Telah menceritakan kami, Muhammad bin Islam’il,beliau berkata: Telah menceritakan kami, Muhammad bin Ishaq, beliau berkata: Telah menceritakan kami, Abu Bisyrin Mubasysyir bin Hasan, beliau berkata: Telah menceritakan kami, Ya’qub bin Muhammad Azzuhri, beliau berkata: Telah menceritakan kami, Abdul Aziz bin Imran, beliau berkata: Telah menceritakan kami, Abdullah bin Utsman bin Abu Sulaiman bin Jubair bin Muth’im, dari bapaknya, dari Ibnu Abi Suwaid Atstsaqafi, dari Shahabat  ‘Utsman bin Abul ‘Ash, beliau berkata: 


“Ibuku telah menceritakan kepadaku bahwa beliau menyaksikan Aminah binti Wahb melahirkan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam, malam dimana Aminah binti Wahb melahirkan beliau, ibuku berkata: “Aku tidak melihat satupun didalam rumah kecuali cahaya. Sungguh aku melihat bintang-bintang mendekat, sampai-sampai aku mengira bahwa bintang-bintang tersebut akan jatuh diatasku”.

dan
http://www.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?bk_no=681&pid=143691&hid=47



Wallaahu A’lam.  
Bersambung, Insya Allah

Minggu, 20 Januari 2013

NASAB NABI MUHAMMAD



NASAB  NABI MUHAMMAD Shallaahu ‘alaihi wasallam


Dalam Kitab al Barzanji (judul aslinya “al ‘Aqdul Jauhar Fii Maulidinnabiyyil Azhar”) karya: Assayyid Ja’far bin Hasan bin Abdul Kariem bin Muhammad bin Rasul bin Abdussayyid al Barzanji, lahir tahun 1126 H, wafat tahun 1177 H
ditulis sebagai berikut:

وَبَعْدُ فَأَقُوْلُ هُوَ سَيِّدُنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ وَاسْمُهُ شَيْبَةُ الْحَمْدِ، حُمِدَتْ خِصَالُهُ السَّنِيَّةُ، اِبْنِ هَاشِمٍ وَاسْمُهُ عَمْرُو بْنِ عَبْدِ مَنَافٍ وَاسْمُهُ الْمُغِيْرَةُ الَّذِيْ يَنْتَمِي الْإِرْتِقَاءُ لِعُلْيَاهُ، اِبْنِ قُصَيٍّ وَاسْمُهُ مُجَمِّعٌ سُمِّيَ بِقُصِيٍّ لِتَقَاصِيْهِ فِيْ بِلَادِ قُضَاعَةَ الْقَصِيَّةِ إِلَى أَنْ أَعَادَهُ اللهُ تَعَالَى إِلَى الْحَرَمِ الْمُحْتَرَمِ فَحَمَى حِمَاهُ اِبْنِ كِلَابٍ وَاسْمُهُ حَكِيْمٌ، اِبْنِ مُرَّةَ، اِبْنِ كَعْبِ بْنِ لُؤَيِّ بْنِ غَالِبِ بْنِ فِهْرٍ وَاسْمُهُ قُرَيْشٌ وَإِلَيْهِ تُنْسَبُ الْبُطُوْنُ الْقُرَشِيَّةُ وَمَا فَوْقَهُ كِنَانِيٌّ كَمَا جَنَحَ إِلَيْهِ الْكَثِيْرُ وَارْتَضَاهُ، اِبْنِ مَالِكِ بْنِ النَّضْرِ بْنِ كِنَانَةَ بْنِ خُزَيْمَةَ بْنِ مُدْرِكَةَ بْنِ اِلْيَاسَ وَهُوَ أَوَّلُ مَنْ أَهْدَى الْبُدْنَ إِلَى الرِّحَابِ الْحَرَمِيَّةِ وَسُمِعَ فِيْ صُلْبِهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ اللهَ تَعَالَى وَلَبَّاهُ، اِبْنِ مُضَرَ بْنِ نِزَارِ بْنِ مَعَدِّ بْنِ عَدْنَانَ وَهَذَا سِلْكٌ نَظَمَتْ فَرَائِدَهُ بَنَانُ السُّنَّةِ السَّنِيَّةِ

Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa aalihii wasallam:
bin Sayyid Abdullah
bin Abdul-Muth­thalib (namanya Syaibatul  Hamdi)
bin Hasyim (yang namanya Amr)
bin Abdu Manaf ( namanya  Al-Mughirah)
bin Qushayy (namanya Mujammi’)
bin Kilaab (namanya Hakiem)
bin Murrah
bin Ka'b
bin Lu'ayy
bin Ghaa­lib
bin Fihr ( namanya Quraisy dan menjadi cikal bakal nama suku Quraisy)
bin Maalik
bin An-Nadhr
bin Kinaanah
bin Khuzaimah
bin Mudrikah
bin Ilyaas
bin Mudhar
bin Nizaar
bin Ma'add
bin Adnaan



Nasab berikutnya sebagaimana dalam kitab Tahqiiqul Maqaam  ‘Alaa Kifaayatil ‘Awaamm Fii ‘Ilmil Kalaam, karya Syeikh Ibrahim al Baajuuri  (lahir tahun 1198 H, wafat tahun 1277 H) halaman 85, cetakan al Ma’aarif Bandung:

وَقَدْ ذَكَرَ الْعِرَاقِيُّ أَصَحَّهَا فِيْ أَلْفِيَةِ السِّيْرَةِ
وَحَاصِلُهُ أَنَّ عَدْنَانَ بْنُ أُدّ بْنِ أُدَدْ بْنِ مُقَوَّمِ بْنِ نَاحُوْرِ بْنِ تَيْرَخْ بْنِ يَعْرُبْ بْنِ يَشْجُبْ بْنِ نَابِتِ بْنِ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ (عَلَيْهِمَا السَّلَامُ)
اِبْنِ تَارَخْ بْنِ نَاحُورْ بْنِ شَارُوخْ بْنِ أَرْغُوْ بْنِ فَالَخْ بْنِ عَيْبَرْ قَالَ بَعْضُهُمْ هُوَ سَيِّدُنَا هُوْدٌ (عَلَيْهِ السَّلَامُ)
اِبْنِ شَالَخْ بْنِ أَرْفَخْشَدْ بْنِ سَامْ بْنِ نُوْحٍ (عَلَيْهِ السَّلَامُ) وَاسْمُهُ عَبْدُ الْغَفَّارِ
اِبْنِ لَامَكْ بْنِ مَتُّوْ شَلْخَ بْنِ خَنُوخْ قَالَ ابْنُ إِسْحَاقَ إِنَّهُ إِدْرِيْسُ  فِيْمَا يَزْعُمُوْنَ
اِبْنِ يَرْدَ بْنِ مَهْلَايِيْلَ بْنِ قَيْنَنْ بْنِ يَانُشْ بْنِ شِيْثٍ (عَلَيْهِ السَّلَامُ)
اِبْنِ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ‏.‏

(Adnan)
bin Udd 
bin Udad
bin Muqawwam
bin Naahuur
bin Tairakh
bin Ya’ruub
bin Yasyjub

bin Naabit
bin Nabi Isma’il ‘alaihissalaam
bin Nabi Ibrahim ‘alaihissalaam
bin Taarakh
bin Naahuur
bin Syaaruukh
bin Arghuu
bin Faalakh
bin ‘Aibar (ada yang mengatakan beiau adalah Nabi Hud ‘alaihissalaam)
bin Syaalakh
bin Arfakhsyad
bin Saam
bin Nabi Nuh ‘alaihissalaam
bin Laamak
bin Mattuusyalkha
bin Khanuukh (ada yang mengatakan beliau adalah Nabi Idris ‘alaihissalaam)
bin Yard
bin Mahlaayiil
bin Qainan
bin Yaanusy
bin Nabi Syits ‘alaihissalaam
bin Nabi Adam ‘alaihissalaam

Wallaahu A’lam
Bersambung, Insya Allah

HARI & TEMPAT KELAHIRAN NABI MUHAMMAD



HARI & TEMPAT KELAHIRAN NABI MUHAMMAD Shallallaahu ‘alaihi wasallam


I.Hari Lahir
Al Hafizh Ibnu Rajab (wafat tahun 795 H) menulis dalam Kitab Lathaa`iful Ma’aarif Fiimaa Li Mawaasimil ‘Aam Min Wazhaa`if halaman 101 :

وَالْمَشْهُوْرُ الَّذِيْ عَلَيْهِ الْجُمْهُوْرُ أَنَّهُ وُلِدَ يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ ثَانِيَ عَشَرَ رَبِيْعِ الْأَوَّلِ وَهُوَ قَوْلُ ابْنِ إِسْحَاقَ وَغَيْرِهِ
وَأَمَّا عَامُ وِلَادَتِهِ فَالْأَكْثَرُوْنَ عَلَى أَنَّهُ عَامُ الْفِيْلِ

Pendapat yang  masyhur menurut ulama jumhur,  Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam dilahirakan pada hari Senin tanggal 12 Rabi’ul Awwal. Itu adalah pendapat Imam Ibnu Ishaq dan yang lainnya


وَأَمَّا عَامُ وِلَادَتِهِ فَالْأَكْثَرُوْنَ عَلَى أَنَّهُ عَامُ الْفِيْلِ
Adapun tahun kelahiran Nabi , kebanyakan ulama mengatakan tahun kelahiran beliau adalah tahun gajah

Link Kitab Lathaa`iful Ma’aarif Fiimaa Li Mawaasimil ‘Aam Min Wazhaa`if
http://www.islamport.com/w/akh/Web/2838/26.htm


Al Hafizh Ibnu Katsier (wafat tahun 774 H) menulis dalam Kitab Al Bidayah wa Annihayah juz II halaman 319-320:
بَابُ مَوْلِدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Bab Maulid Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam

وُلِدَ صَلَوَاتُ اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَامُهُ يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ.

Rasulullah -shalawaatullaah ‘alaihi wasalaamuhuu- dilahirkan pada hari Senin

لِمَا رَوَاهُ مُسْلِمٌ فِيْ صَحِيْحِهِ مِنْ حَدِيْثِ غَيْلَانَ بْنِ جَرِيْرِ بِنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَعْبَدٍ اَلزِّمَّانِيِّ عَنْ أَبِيْ قَتَادَةَ أَنَّ أَعْرَابِيًّا قَالَ يَارَسُوْلَ اللهِ، مَا تَقُوْلُ فِيْ صَوْمِ يَوْمِ الْاِثْنَيْنِ فَقَالَ: " ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَأُنْزِلَ عَلَيَّ فِيْهِ ".

Karena hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim didalam Shahihnya, dari haditsnya Ghailan bin Jarir bin Abdullah bin Ma’bad Azzimmaani dari Abu Qatadah, bahwasanya seorang A’rabi bertanya: “Wahai Rasulullah, Apa yang engkau sabdakan tentang puasa hari Senin ?”
Beliau menjawab: “Itu adalah hari dimana aku dilahirkan, dan diturunkan wahyu kepadaku pada hari itu”.

ثُمَّ الْجُمْهُوْر عَلَى أَنَّ ذَلِكَ كَانَ فِيْ شَهْرِ رَبِيْعِ الْأَوَّلِ
Menurut Jumhur, lahirnya Nabi shallallaahu ‘alahi salalam adalah pada bulan Rabi’ul Awwal

فَقِيْلَ لِلَيْلَتَيْنِ خَلَتَا مِنْهُ قَالَهُ ابْنُ عَبْدِ الْبَرِّ فِي الْاِسْتِيْعَابِ
Ada yang mengatakan pada tanggal 2 Rabi’ul Awwal, demikian dikatakan oleh Imam Ibnu ‘Abdil Barr didalam kitab al Isti’ab

وَقِيْلَ لِثَمَانٍ خَلَوْنَ مِنْهُ حَكَاهُ الْحُمَيْدِيُّ عَنِ ابْنِ حَزْمٍ.
وَرَوَاهُ مَالِكٌ وَعَقِيْلٌ وَيُوْنُسُ بْنُ يَزِيْدَ وَغَيْرُهُمْ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ
Ada yang mengatakan tanggal 8 Rabi’ul Awwal, demikian diceritakan oleh Imam Humaidi dari Imam Ibnu Hazm.
Dan juga diriwayatkan  oleh Imam Malik, Imam Aqil, Imam Yunus bin Yazid dan yang lainnya dari Imam Muhammad bin Jubair bin Muth’im

وَقِيْلَ لِعَشْرٍ خَلَوْنَ مِنْهُ نَقَلَهُ ابْنُ دِحْيَةَ فِيْ كِتَابِهِ وَرَوَاهُ ابْنُ عَسَاكِرَ عَنْ أَبِيْ جَعْفَرٍ اَلْبَاقِرِ
Ada yang mengatakan tanggal 10 Rabi’ul Awwal, sebaimana dikutip oleh Imam Ibnu Dihyah didalam kitabnya. Dan diriwayatkan oleh Imam Ibnu Asakir dari Imam Abu Ja’far al Baqir

وَقِيْلَ لِثِنْتَيْ عَشْرَةَ خَلَتْ مِنْهُ نَصَّ عَلَيْهِ اِبْنُ إِسْحَاقَ وَرَوَاهُ ابْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ فِيْ مُصَنَّفِهِ عَنْ عَفَّانَ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ مِيْنَا عَنْ جَابِرٍ وَابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُمَا قَالَا: وُلِدَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ الْفِيْلِ يَوْمَ الْاِثْنَيْنِ اَلثَّانِيَ عَشَرَ مِنْ شَهْرِ 
رَبِيْعِ الْأَوَّلِ وَفِيْهِ بُعِثَ وَفِيْهِ عُرِجَ بِهِ إِلَى السَّمَاءِ وَفِيْهِ هَاجَرَ وَفِيْهِ مَاتَ.

Ada yang mengatakan tanggal 12 Rabi’ul Awwal. Demikian ditetapkan oleh Imam Ibnu Ishaq.
Dan diriwayatkan oleh Imam Ibnu Abu Syaibah didalam Kitab Mushannafnya, dari Affan, dari Sa’id bin Miinaa, dari shahabat Jabir dan shahabat Ibnu Abbas, sesungguhnya keduanya berkata:
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dilahirkan pada Tahun Gajah, hari Senin, tanggal 12 rabi’ul Awwal.
Pada hari itu Nabi diutus, pada hari itu Nabi mi’raj ke langit, pada hari itu Nabi hijrah dan pada hari itu Nabi wafat.”

وَهَذَا هُوَ الْمَشْهُوْرُ عِنْدَ الْجُمْهُوْرِ وَاللهُ أَعْلَمُ.
Inilah yang masyhur menurut ulama Jumhur.
Wallaahu A’lam


Imam Suhaili (wafat tahun 581 H) menulis dalam kitab Ar Raudh Al Anif Fii Syarhi Assiirah An Nabawiyyah juz I halaman 283, maktabah syamilah:

وَأَهْلُ الْحِسَابِ يَقُوْلُوْنَ: وَافَقَ مَوْلِدُهُ مِنْ الشُّهُوْرِ الشّمْسِيّةِ نَيْسَانَ، فَكَانَتْ لِعِشْرِيْنَ
مَضَتْ مِنْهُ
Ahli hisab berkata: “Kelahiran Nabi bertepatan dengan Naisan (April) bulan syamsiyyah tanggal 20


Link Kitab Ar Raudh Al Anif Fii Syarhi Assiirah An Nabawiyyah


Syeikh Muhammad  Khudhari bin Syeikh Afifi al Bajuri (wafat tahun 1345 H) menulis dalam kitab Tarikhnya yang terkenal dengan nama Nuurul Yaqiin Fii Siirati Sayyidil Mursaliin halaman 9, maktabah syamilah:

وَقَدْ حَقَّقَ اَلْمَرْحُوْمُ مَحْمُودْ بَاشَا اَلْفَلَكِيُّ أَنَّ ذَلِكَ كَانَ صَبِيْحَةَ يَوْمِ الْاِثْنَيْنِ تَاسِعَ رَبِيْعِ الْأَوَّلِ اَلْمُوَافِقُ لِلْيَوْمِ الْعِشْرِيْنَ مِنْ أَبْرِيْلَ /نَيْسَانَ سَنَةَ 571 مِنَ الْمِيْلَادِ، وَهُوَ يُوَافِق السَّنَةَ الْأُوْلَى مِنْ حَادِثَةِ الْفِيْلِ، وَكَانَتْ وِلَادَتُهُ فِيْ دَارِ أَبِيْ طَالِبٍ بِشِعْبِ بَنِيْ هَاشِمٍ

Al Marhum Mahmud Basya, ulama ahli falak (wafat tahun 1885 M) melakukan penyelidikan bahwasanya hal itu (kelahiran Nabi) adalah pada pagi hari Senin tanggal 9 Rabi’ul Awwal, bertepatan dengan tanggal 20 April / Naisan tahun 571 M


link Nuurul Yaqiin Fii Siirati Sayyidil Mursaliin
http://islamport.com/w/ser/Web/2744/5.htm

II.TEMPAT LAHIR

Syeikh Ali bin Burhanuddin al Halabi (wafat taun 841 H) menulis dalam kitab Assiirah al Halabiyyah”  juz I halaman 101:

وَكَانَ مَوْلِدُهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَكَّةَ فِي الدَّارِ الَّتِيْ صَارَتْ تُدْعَى لِمُحَمَّدِ بْنِ يُوْسُفَ أَخِي الْحَجَّاجِ أَيْ وَكَانَتْ قَبْلَ ذَلِكَ لِعَقِيْلِ بْنِ أَبِيْ طَالِبٍ وَلَمْ تَزَلْ بِيَدِ أَوْلَادِهِ بَعْدَ وَفَاتِهِ إِلَى أَنْ بَاعُوْهَا لِمُحَمَّدِ بْنِ يُوْسُفَ أَخِي الْحَجَّاجِ بِمِائَةِ أَلْفِ دِيْنَارٍ
Tempat kelahiran Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam adalah di Mekkah di dalam rumah yang menjadi milik Muhammad bin Yusuf, saudara Hajjaj bin Yusuf (Hajjaj bin Yusuf adalah seorang gubernur Raja Abdul Malik bin Marwan yang berkuasa pada tahun 26 s/d 86 H)

Rumah tersebutnya sebelumnya milik shahabat Aqil bin Abu Thalib, dan sepeninggal beliau, rumah tersebut selalu berada ditangan anak-anaknya, sampai akhirnya mereka jual kepada Muhammad Yusuf , saudara Hajjaj dengan harga 100 ribu dinar

Wallaahu A’lam
Bersambung, Insya Allah

KEUTAMAAN MAULID NABI (2)



KEUTAMAAN MAULID
 (2)

قَالَ عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ كَانَ بِمِصْرَ رَجُلٌ يَصْنَعُ مَوْلِدًا لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلَّ عَامٍ
Syeikh Abdul Wahid bin Ismail bercerita, bahwa di Mesir dahulu, ada seorang laki-laki  yang setiap tahun mengadakan peringatan Maulid  Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam.

وَكَانَ إِلَى جَانِبِهِ رَجُلٌ يَهُوْدِيٌّ فَقَالَتْ لَهُ زَوْجَةُ الْيَهُوْدِيِّ مَا بَالُ جَارِنَا الْمُسْلِمِ يُنْفِقُ مَالًا جَزِيْلًا  فِيْ مِثْلِ هَذَا الشَّهْرِ فَقَالَ لَهَا زَوْجُهَا إِنَّهُ يَزْعُمُ أَنَّ نَبِيَّهُ قَدْ وُلِدَ فِيْهِ وَهُوَ يَفْعَلُ ذَلِكَ فَرْحَةً بِهِ  وَكَرَامَةً لِمَوْلِدهِ
Disebelah laki-laki tadi, ada tetangganya yang beragama Yahudi, Isteri Yahudi ini berkata kepada suaminya: “Mengapa, tetangga kita yang muslim itu, setiap bulan ini (Rabi’ul Awwal) membelanjakan harta yang banyak?” Suami Yahudi itu menjawab: “Itu adalah karena dia beranggapan bahwa dalam bulan inilah nabinya dilahirkan, dia melakukan hal tersebut karena senang dengan nabinya, dan memuliakan hari kelahirannya.”

قَالَ فَسَكَتَا ثُمَّ نَامَا لَيْلَتَهُمَا فَرَأَتْ اِمْرَأَةُ الْيَهُوْدِيِّ فِي الْمَنَامِ  رَجُلًا جَمِيْلا جَلِيْلًا عَلَيْهِ مَهَابَةٌ وَتَبْجِيْلٌ وَوَقَارٌ قَدْ دَخَلَ بَيْتَ جَارِهِ الْمُسْلِمِ وَحَوْلَهُ جَمَاعَةٌ مِنْ أَصْحَابِهِ وَهُمْ يُبَجِّلُوْنَهُ وَيُعَظِّمُوْنَهُ
Syeikh Abdul Wahid bin Ismail melanjutkan ceritanya:
Kedua suami isteri pun diam, kemudian keduanya tidur. Dalam tidurnya, isteri Yahudi itu bermimpi ia melihat ada seorang laki-laki yang begitu tampan dan agung, berwibawa dan sangat dimuliakan memasuki rumah tetangganya yang Muslim itu. Dan di kanan kiri laki-laki tersebut ada serombongan dari sahabatnya. Mereka mengormati dan mengagungkan laki-laki tersebut

فَقَالَتْ لِرَجُلٍ مِنْهُمْ مَنْ هَذَا الرَّجُلُ الْجَمِيْلُ الْوَجْهِ فَقَالَ لَهَا هَذَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ هَذَا الْمَنْزِلَ لِيُسَّلِمَ عَلَى أَهْلِهِمْ وَيَزُوْرَهُمْ لِفَرْحِهِمْ بِهِ فَقَالَتْ لَهُ هَلْ يُكَلِّمُنِيْ إِذَا 
كَلَّمْتُهُ فَقَالَ لَهَا نَعَمْ

Wanita itu pun bertanya kepada  pada salah seorang diantara anggota rombongan itu:  “Siapa laki-laki yang tampan ini ?”
Orang itu menjelaskan bahwa itulah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Beliau masuk kerumah ini untuk mengucapkan salam kepada penghuni rumah ini dan menemui mereka  yang telah menunjukkan rasa suka-cita mereka atas kelahiran beliau.
Wanita Yahudi itu pun berkata lagi, “Maukah orang itu berbicara denganku apabila aku mengajaknya bicara ?”, laki-laki tadi menjawab: “Sudah tentu beliau mau”.

فَأَتَتْ إِلَيْهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ لَهُ يَا مُحَمَّدُ فَقَالَ لَهَا لَبَّيْكِ فَقَالَتْ لَهُ أَتُجِيْبُ لِمِثْلِيْ بِالتَّلْبِيَةِ وَأَنَا عَلَى غَيْرِ دِيْنِكَ وَمِنْ أَعْدَائِكَ فَقَالَ لَهَا وَالَّذِيْ بَعَثَنِيْ بِالْحَقِّ نَبِيًّا مَا أَجَبْتُ نِدَائَكِ حَتَّى عَلِمْتُ أَنَّ اللهَ قَدْ هَدَاكِ فَقَالَتْ إِنَّكَ لَنَبِيٌّ كَرِيْمٌ، وَإِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيْمٍ، تَعِسَ مَنْ خَالَفَ أَمْرَكَ، وَخَابَ مَنْ جَهِلَ قَدْرَكَ، اُمْدُدْ يَدَكَ، فَأَنَا أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَأَنَّكَ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Wanita Yahudi itu pun lantas mendekati Nabi Muhammad dan menyapanya: “Wahai Muhammad !” , lantas Nabi pun menjawab: “LABBAIKI (aku sambut panggilanmu) “.
 Wanita itu pun berkata: ” Engkau menjawab orang sepertiku dengan TALBIYAH, sedangkan aku bukan mengikuti agamamu, dan akupun termasuk salah satu musuh-musuhmu.”
Nabipun bersabda kepadanya: “Demi Dzat Yang telah mengutusku dengan haq menjadi Nabi, aku tidak menjawab panggilanmu sehingga aku mengerti bahwasanya Allah telah memberi hidayah atasmu.”
Wanita itupun berucap: “Sesungguhnya tuan memang benar seorang Nabi yang mulia yang berpribadi agung, celakalah orang yang menselisihi perintahmu, dan merugilah orang yang tidak mengerti pangkatmu. Ulurkanlah tanganmu, aku bersaksi bahwa Tiada Tuhan selain Allah, dan Engkau adalah Rasulullah, shallallaahu ‘alaihi wasallam.”

ثُمَّ إِنَّهَا عَاهَدَتِ اللهَ فِيْ سِرِّهَا أَنَّهَـا إِذَا أَصْبَحَـتْ تَتَصَدَّقُ بِجَمِيْعِ مَا تَمْلِكُهُ وَتَصْنَعُ مَوْلِدًا لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرْحَةً بِإِسْلَامِهَا وَشُكْرًا لِلرُّؤْيَا الَّتِيْ رَأَتْهَا فِيْ مَنَامِهَا

Dalam hatinya, wanita itu berjanji kepada Allah,berniat bahwa nanti besok pagi, ia akan bersedekah dengan seluruh harta yang ia miliki dan melaksanakan jamuan untuk memperingati Maulid Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, sekaligus sebagai perwujudan rasa syukur atas keIslamannya dan mimpinya malam itu.

 فَلَمَّا أَصْبَحَتْ رَأَتْ زَوْجَهَا قَدْ هَيَّأَ الْوَلِيْمَةَ وَهُوَ فِيْ هِمَّةٍ عَظِيْمَةٍ فَتَعَجَّبَتْ مِنْ أَمْرِهِ وَقَالَتْ لَهُ: مَالِيْ أَرَاكَ فِيْ هِمَّةٍ صَالِحَةٍ ؟ فَقَالَ لَهَا: مِنْ أَجْلِ الَّذِيْ أَسْلَمْتِ عَلَى يَدَيْهِ اَلْبَارِحَةَ، فَقَالَتْ لَهُ: مَنْ كَشَفَ لَكَ هَذَا السِّرَّ الْمَصُوْنَ وَمَنْ أَطْلَعَكَ عَلَيْهِ ؟ فَقَالَ اَلَّذِيْ أَسْلَمْتُ بَعْدَكِ عَلَى يَدَيْهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَهُوَ الْمُشَفَّعُ غَدًا فِيْمَنْ يُصَلِّيْ وَيُسَلِّمُ عَلَيْهِ

(Akan tetapi, diluar dugaan, begitu bangun pagi)  ia melihat suaminya sudah sibuk untuk menyiapkan suatu perjamuan, ia begitu rajin dan serius.
Wanita itupun  heran dengan apa yang dilakukan suaminya seraya berkata: “Ada apa gerangan kulihat engkau begitu sibuk dan bersemangat pagi ini ? si suami menjawab, “Karena orang yang kau lihat malam tadi, yang mana engkau masuk islam dihadapan beliau.”
Dia bertanya kepada suaminya:  “Siapa gerangan yang telah membukakan engkau rahasia ini (ihwal impiannya) dan memperlihatkannya kepada engkau ?”
 Si suamipun berkata: “Yaitu Nabi Muhammad, yang mana aku masuk Islam setelah engkau dihadapan beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam. Beliaulah Nabi yang ditrerima syafaatnya kelak untuk orang yang bershalawat dan salam atas beliau.”


Sumber:
Kitab Maulid Syeikh Ahmad bin Al Qasim (terkenal dengan nama Maulid Syaraful Anam) , yang disyarahi oleh Syeikh Nawawi Al Jawi dengan nama:
Fat_hush Shamad al Alim ‘alaa Maulidisysaikh Ahmad bin al Qasim
(halaman 44-46)

Bersambung, Insya Allah

KEUTAMAAN MAULID NABI (1)





KEUTAMAAN MAULID
  (1)

وَقَالَ سُلْطَانُ الْعَارِفِيْنِ الْإِمَامُ جَلَالُ الدِّيْنِ اَلسُّيُوْطِيُّ قَدَّسَ اللهُ سِرَّهُ وَنَوَّرَ
 ضَرِيْحَهُ، فِيْ كِتَابِهِ اَلْمُسَمَّى بِالوَسَائِلِ فِيْ شَرْحِ الشَّمَائِلِ:

Sulthan ‘Arifin Imam Jalaluddin As-Suyuthiqaddasallaahu sirrahuu wa nawwara dharihaahuu- dalam kitab beliau yang diber Al- nama “Al Wasaa`il Fii Syarhi Asy-Syamaa`il” berkata:

مَا مِنْ بَيْتٍ أَوْ مَسْجِدٍ أَوْ مَحَلَّةٍ قُرِئَ فِيْهِ مَوْلِدُ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَّا
حَفَّتِ الْمَلاَئِكَةُ ذَلِكَ الْبَيْتَ أَوِ الْمَسِجْدَ أَوِ الْمَحَلَّةَ، وَصَلَّتِ الْمَلاَئِكَةُ عَلَى
أَهْلِ ذَلِكَ الْمَكَانِ، وَعَمَّهُمُ اللهُ تَعَالَى بِالرَّحْمَةِ وَالرِّضْوَانِ، وَأَمَّا الْمُطَوَّقُوْنَ بِالنُّوْرِ
يَعْنِيْ جِبْرَائِيْلَ وَمِيْكَائِيْلَ وَإِسْرَافِيْلَ وَعِزْرَائِيْلَ عَلَيْهِمُ السَّلاَمُ فَإِنَّهُمْ يُصَلُّوْنَ عَلَى
 مَنْ كَانَ سَبَبًا لِقِرَاءَةِ مَوْلِدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Tiada dari suatu rumah atau mesjid atau perkemahan yang dibacakan didalamnya Maulid Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam kecuali malaikat mengelilingi rumah, mesjid dan kemah tersebut, dan malaikat meminta ampunan dosa terhadap penghuni tempat tersebut, dan Allah meliputi mereka dengan rahmat dan keridhaan(-Nya). Dan adapun malaikat yang dikelilingi dengan cahaya yakni Jibril, Mikail, Israfil dan ‘Izrail -‘alaihimussalam- maka mereka  meminta ampunan dosa terhadap orang-orang yang menjadi penyebab bagi pembacaan Maulid Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam

 وَقَالَ أَيْضًا:

Dan Beliau juga berkata :

مَا مِنْ مُسِلِمٍ قَرَأَ فِي بَيْتِهِ مَوْلِدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَّا رَفَعَ اللهُ سُبْحَانَهُ
وَتَعَالَى الْقَحْطَ وَالْوَبَاءَ وَالْحَرْقَ وَالْغَرْقَ وَاْلآفَاتِ وَالْبَلِيَّاتِ وَالْبُغْضَ وَالْحَسَدَ وَعَيْنَ
السُّوْءِ وَاللُّصُوْصَ عَنْ أَهْلِ ذَلِكَ الْبَيْتِ، فَإِذَا مَاتَ هَوَّنَ اللهُ عَلَيْهِ جَوَابَ مُنْكَرٍ
 وَنَكِيْرٍ، وَيَكُوْنُ فَي مَقْعَدِ صِدْقٍ عِنْدَ مَلِيْكٍ مُقْتَدِرٍ

Tiada dari seorang Islam yang membaca Maulid Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dirumahnya  kecuali Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengangkat kemarau, wabah, kebakaran, karam, penyakit, bala, murka, dengki, mata yang jahat dan pencuri dari ahli rumah tersebut. Jika orang tersebut meninggal dunia niscaya Allah memudahkan baginya menjawab pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir, dan adalah tempat duduknya pada tempat yang benar disisi Tuhan yang maha memiliki lagi kuasa

Sumber:
Kitab Anni’matul Kubra ‘alal ‘aalam fii Maulidi Sayyidi Waladi Adam halaman 7

Link download Kitab Anni’matul Kubra ‘alal ‘aalam fii Maulidi Sayyidi Waladi Adam:
http://www.hakikatkitabevi.com/arabic/44-nimatalkubra.pdf

Bersambung, Insya Allah

Sabtu, 19 Januari 2013

DALIL MAULID (3)




DALIL MAULID (3)


Al Hafizh Ibnu Hajar (wafat tahun 852 H) berkata, sebagaimana  diterangkan oleh al Hafizh As Suyuthi (wafat tahun 911 H) dalam kitab Al Haawi Lil Fataawi juz I halaman 282:

وَ قَدْ ظَهَرَ لِي تَخْرِيجُهَا عَلَى أَصْلٍ ثَابِتٍ وَهُوَ مَا ثَبَتَ فِي الصَّحِيحَيْنِ مِنْ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ { قَدِمَ الْمَدِينَةَ فَوَجَدَ الْيَهُودَ يَصُومُونَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَسَأَلَهُمْ فَقَالُوا هَذَا يَوْمٌ أَغْرَقَ اللَّهُ فِيهِ فِرْعَوْنَ وَنَجَّى فِيهِ مُوسَى فَنَحْنُ نَصُومُهُ شُكْرًا للهِ تَعَالَى }

Telah zahir bagi saya, mengeluarkan (mendasarkan) amaliyah maulid atas landasan yang kuat, yaitu hadits dalam hadist shahihain (shahih Bukhari dan  shahih Muslim) bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Madinah, beliau menemukan orang Yahudi berpuasa pada hari ‘Asyura, maka beliau bertanya kepada mereka, dan mereka menjawab, “Itu hari dimana Allah menenggelamkan Firaun, menyelamatkan Musa, kami berpuasa sebagai ungkapan syukur kepada Allah Ta’ala.”

 فَيُسْتَفَادُ مِنْهُ فِعْلُ الشُّكْرِ لِلَّهِ عَلَى مَا مَنَّ بِهِ فِي يَوْمٍ مُعَيَّنٍ مِنْ إسْدَاءِ نِعْمَةٍ وَدَفْعِ نِقْمَةٍ وَيُعَادُ ذَلِكَ فِي نَظِيرِ ذَلِكَ الْيَوْمِ مِنْ كُلِّ سَنَةٍ

Dari situ dapat diambil kesimpulan bahwa boleh melakukan syukur kepada Allah atas apa yang Dia anugerahkan pada hari tertentu  berupa  pemberian  nikmat  dan  penyelamatan dari mara bahaya, dan setiap tahun dilakukan setiap bertepatan pada hari itu.

وَالشُّكْرُ لِلَّهِ يَحْصُلُ بِأَنْوَاعِ الْعِبَادَةِ كَالسُّجُودِ وَالصِّيَامِ وَالصَّدَقَةِ وَالتِّلَاوَةِ وَأَيُّ نِعْمَةٍ أَعْظَمُ مِنْ النِّعْمَةِ بِبُرُوزِ هَذَا النَّبِيِّ الَّذِي هُوَ نَبِيُّ الرَّحْمَةِ فِي ذَلِكَ الْيَوْمِ

Bersyukur kepada Allah bisa dicapai dengan macam-macam ibadah, seperti bersujud, berpuasa, bersedekah dan membaca Al Quran.
Nikmat mana yang lebih agung melebihi datangnya Nabi ini pada hari itu. Beliau merupakan nabi rahmat.

 وَ عَلَى هَذَا فَيَنْبَغِي أَنْ يُتَحَرَّى الْيَوْمُ بِعَيْنِهِ حَتَّى يُطَابِقَ قِصَّةَ مُوسَى فِي يَوْمِ عَاشُورَاءَ وَمَنْ لَمْ يُلَاحِظْ ذَلِكَ لَا يُبَالِي بِعَمَلِ الْمَوْلِدِ فِي أَيِّ يَوْمٍ مِنْ الشَّهْرِ بَلْ تَوَسَّعَ قَوْمٌ فَنَقَلُوهُ إلَى يَوْمٍ مِنْ السَّنَةِ
..... إلخ

Atas hal yang demikian, maka seyogyanya diusahakan Maulid dilaksanakan pada hari tersebut.
Adapun orang yang tidak memperhatikan hal yang demikian maka dia tidak perduli dalam hari apa dari bulan tersebut dia mengadakan Maulid, bahkan ada orang-orang yang memperluas, mereka memindahkankannya ke hari dari setahun…dst

Sumber:


Catatan:
Berikut riwayat Imam Muslim tentang berpuasa Asyura yang dilakukan oleh orang Yahudi:
وَحَدَّثَنِيْ ابْنُ أَبِيْ عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ أَيُّوْبَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَعِيْدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ - رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا - أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قَدِمَ الْمَدِينَةَ فَوَجَدَ الْيَهُوْدَ صِيَامًا يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ فَقَالَ لَهُمْ رَسُوْلُ اللهِ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - « مَا هَذَا الْيَوْمُ الَّذِى تَصُومُونَهُ ». فَقَالُوْا هَذَا يَوْمٌ عَظِيْمٌ أَنْجَى اللهُ فِيْهِ مُوْسَى وَقَوْمَهُ وَغَرَّقَ فِرْعَوْنَ وَقَوْمَهُ فَصَامَهُ مُوْسَى شُكْرًا فَنَحْنُ نَصُوْمُهُ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- « فَنَحْنُ أَحَقُّ وَأَوْلَى بِمُوْسَى مِنْكُمْ ». فَصَامَهُ رَسُوْلُ اللهِ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ.

Telah menceritakan saya, Ibnu Abi Umar, telah menceritakan kami, Sufyan bin Ayyub, dari Abdullah bin Said bin Jubair, dari bapaknya, dari Ibnu Abbas –radhiyallaahu ‘anhumaa- :

Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam tiba di Madinah mendapati kaum Yahudi berpuasa pada hari Asyura. Maka Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda: “Hari apakah ini sehingga kalian berpuasa padanya?” Mereka menjawab: ”Ini adalah hari agung dimana Allah menyelamatkan Musa dan kaumnya serta menenggelamkan Fir’aun beserta kaumnya, lalu Musa berpuasa pada hari itu sebagai ungkapan syukur sehingga kamipun berpuasa.” Maka Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda: ”Kami lebih berhak atas Musa daripada kalian. Maka Rasulullah
shallallahu ’alaihi wa sallam-pun berpuasa dan menyuruh berpuasa hari Asyura”

Sumber:
Shahih Muslim juz III halaman 150, hadits nomor 2714, maktabah syamilah / juz I halaman 459, cetakan Al Ma’arif  Bandung

Bersambung, Insya Allah